Jumat, 27 Juli 2012

STATISTIKA




Kita begitu sering mendengar kata tersebut, ilmu ini sering digunakan untuk melakukan penelitian ataupun pengamatan. Jika objek yang akan diteliti kecil maka kita akan mengamati keseluruhan anggotanya namun jika objek yang kita teliti cukup besar, maka kita cukup mengambil sebagian data dari objek tersebut untuk diteliti. Di dalam sebuah penelitian data terbagi menjadi dua jenis, data numeric(kuantitatif) dan data kategorik (kualitatif). Metode untuk pengolahan data itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu  
1.  Statistik Deskriptif.
Merupakan sebuah metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian data sehingga member sebuah informasi yang berarti tentang objek yang diselidiki.
2.Statitik Inferens.
Merupakan sebuah metode yang berkaitan dengan cara menganalisa data, kemudian menaksir dan menarik sebuah kesimpulan dari keseluruhan data.


Di dalam sebuah data, ada yang dimaksud dengan populasi. Populasi adalah semua himpunan objek yang diteliti atau diamati. Sedangkan nilai-nilai yang menjelaskan cirri populasi disebut parameter. Namun pada kenyataannya kita hanya perlu mengambil sebagian data dari suatu populasi yang kita sering sebut sebagai sample. Sample merupakan himpunan sebagian anggota populasi yang diambil untuk sebuah penelitian. Sehingga sample adalah himpunan bagian dari populasi itu sendiri.
Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara, saya akan menjelaskan 4 cara yang umumnya digunakan dalam sebuah penelitian:
1.      Penelitian literatur.
Penelitian ini telah pernah diteliti sebelumnya dan dicatat hasilnya. Kemudian hasil tersebut dapat digunakan kembali baik sebagian ataupun seluruhnya untuk keperluan penelitian selanjutnya.
2.      Angket.
Merupakan salah satu cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar sejumlah pertanyaan yang diperlukan untuk dijawab oleh responden yang bermanfaat bagi penilitian yang kita lakukan.
3.      Wawancara.
Merupakan salah satu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara interview atau mewawancarai langsung kepada responden mengenai data yang diperlukan untuk penelitian itu sendiri.
4.      Pengamatan.
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan secara langsung, dengan cara meneliti dan mengamati objek. Teknik ini paling sering digunakan para peneliti karena memiliki tingkat kebenaran yang tinggi dari berbagai disiplin ilmu.

Setelah data selesai dicatat atau dikumpulkan, maka dilakukan penyajian data. Penyajian data dapat dilakukan dengan 4 cara:
1. Penyajian data dengan table frekuensi.
2. Penyajian data dengan diagram batang.
3. Penyajian data dengan diagram lingkaran.
4. Penyajian data dengan diagram garis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar