Segmentasi
pasar merupakan pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan
pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut
ditentukan sasaran pasar yang akan dicapai dengan marketing itu sendiri. Tujuan
dari segmentasi pasar itu sendiri adalah sebagai berikut:
1. Pasar lebih mudah dibedakan.
1. Pasar lebih mudah dibedakan.
Setiap
produk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Agar produk tersebut dapat diterima tentunya haruslah sesuai dan dapat memenuhi
selera konsumen. Selain itu dengan keadaaan pasar yang heterogen dan selera
konsumen yang selalu berubah , maka dari itu perusahaan akan lebih
menitikberatkan terhadap konsumen yang homogen agar lebih mudah untuk memahami
selera konsumen sehingga pasar lebih mudah dibedakan.
2.
Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik.
Pada
umumnya konsumen selalu menginginkan 4 hal untuk dapat memenuhi kebutuhannya yaitu
kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan
memuaskan serta ketepatan waktu.
3.
Strategi pemasaran menjadi lebih terarah.
Dengan
konsumen yang sifatnya sudah homogen tadi maka strategi pemasarannya menjadi
lebih terarah, sehingga dalam menyusun marketing mix yang dapat berupa perencanaan
produk, harga, distribusi maupun promosinya menjadi lebih tepat sasaran.
4.
Mendesain Produk
Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar karena dengan memahami segmen-segmen yang responsif terhadap suatu stimuli maka pemasar dapat mendesain produk yang sesuai dengan kebutuhan segmen ini. Teknik-teknik riset yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir ini seperti Analisis Faktor, Analisis Klaster, Conjoint, dan Discriminant.
Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar karena dengan memahami segmen-segmen yang responsif terhadap suatu stimuli maka pemasar dapat mendesain produk yang sesuai dengan kebutuhan segmen ini. Teknik-teknik riset yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir ini seperti Analisis Faktor, Analisis Klaster, Conjoint, dan Discriminant.
5.
Menganalisis Pasar
Pemasar
harus cermat dalam melakukan segmentasi pasar, selain itu pemasar harus mampu
menganalisa para pesaing yang dapat memberikan produk pilihan lainnynya kepada
konsumen, oleh karena itu pemasar harus cepat tanggap terhadap produk sejenis
tersebut.
Pendekatan Segmentasi Demografi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar