Minggu, 14 Oktober 2012

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI



Segmentasi pasar merupakan pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut ditentukan sasaran pasar yang akan dicapai dengan marketing itu sendiri. Tujuan dari segmentasi pasar itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Pasar lebih mudah dibedakan.
Setiap produk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Agar produk tersebut dapat diterima tentunya haruslah sesuai dan dapat memenuhi selera konsumen. Selain itu dengan keadaaan pasar yang heterogen dan selera konsumen yang selalu berubah , maka dari itu perusahaan akan lebih menitikberatkan terhadap konsumen yang homogen agar lebih mudah untuk memahami selera konsumen sehingga pasar lebih mudah dibedakan.

2. Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik.
Pada umumnya konsumen selalu menginginkan 4 hal untuk dapat memenuhi kebutuhannya yaitu kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan memuaskan serta ketepatan waktu.


3. Strategi pemasaran menjadi lebih terarah.
Dengan konsumen yang sifatnya sudah homogen tadi maka strategi pemasarannya menjadi lebih terarah, sehingga dalam menyusun marketing mix yang dapat berupa perencanaan produk, harga, distribusi maupun promosinya menjadi lebih tepat sasaran.

4. Mendesain Produk
Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar karena dengan memahami segmen-segmen yang responsif terhadap suatu stimuli maka pemasar dapat mendesain produk yang sesuai dengan kebutuhan segmen ini. Teknik-teknik riset yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir ini seperti Analisis Faktor, Analisis Klaster, Conjoint, dan Discriminant.

5. Menganalisis Pasar
Pemasar harus cermat dalam melakukan segmentasi pasar, selain itu pemasar harus mampu menganalisa para pesaing yang dapat memberikan produk pilihan lainnynya kepada konsumen, oleh karena itu pemasar harus cepat tanggap terhadap produk sejenis tersebut.

Pendekatan  Segmentasi Demografi

Dalam  hal segmentasi demografi, pasar dapat dibagi menjadi grup-grup dengan dasar pembagian yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama. Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan demografi ini hampir selalu disertakan, antara lain adalah informasi demografi merupakan informasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target pasar, informasi demografi memberikan tentang trend yang sedang terjadi, meskipun tidak dapat untuk meramalkan perilaku konsumen, demografi dapat dilihat untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar