Individu berasal dari kata
latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu
merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil
dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tak
dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia
perseorangan, demikian pendapat Dr. A. Lysen.
Individu menurut konsep Sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.
Individu menurut konsep Sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi individu dalam pembelian:
1. Faktor
Sosial
a. Kelompok
Sikap dan
perilaku individu sangat dipengaruhi oleh kelompok-kelompok kecil. Dimana
kelompok tersebut secara langsung (primary groups) maupun tidak langsung
(secondary groups) yang mempunyai interaksi satu dengan yang lain sehingga
kelompok memiliki peran dalam mempengaruhi individu dalam pembelian.
b. Keluarga
Keluarga
mempunyai peran terbesar dalam
mempengaruhi individu dalam pembelian suatu produk karena keluarga pula mempunyai peran
paling besar dalam interaksi seorang individu.
c. Peran dan
status
Peran
merupakan suatu aktivitas yang diinginkan seseorang sesuai dengan lingkungan
sekitarnya. Setiap peran membawa sebuah status yang mencerminkan penghargaan
umum yang diberikan oleh masyarakat.
2. Faktor
Personal
a. Keadaan
ekonomi
Keadaan
ekonomi akan mempengaruhi pilihan produk seorang individu, dimana dalam situasi
tersebut seseorang akan melakukan keputusan terhadap produk mana yang akan ia
beli yang terjangkau dengan keadaan ekonominya pada saat ini.
b. Gaya
hidup
Gaya hidup
seseorang akan membentuk sebuah pola kehidupan dimana aktivitas seseorang dapat
ditunjukkan dengan mengekspresikan ataupun menunjukkan ketertarikan dan opini
terhadap suatu produk.
c. Umur
Seseorang
akan merubah pilihan produknya seiring dengan siklus kehidupannya. Umur memiliki
peranan penting dalam mengambil suatu keputusan untuk tetap bertahan pada suatu
produk atau menggantinya dengan yang lebih terasa manfaatnya.
d. Pekerjaan
Pekerjaan
seseorang mempengaruhi pembelian, perbedaan dalam pekerjaan akan berbeda pula
pembeliannya, Hal tersebut bergantung dengan tingkat pendapatannya.
3. Faktor
Psikologis
a. motivasi
Kebutuhan
yang mendorong seseorang untuk mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
Ketika satu level kebutuhan terpenuhi maka seseorang akan mencari sesuatu yang
ada memuaskan kebutuhannya pada level selanjutnya (teori marslow).
b. Persepsi
Persepsi
seorang konsumen akan mempengaruhi ia dalam pembelian suatu produk. Seorang
konsumen akan menerjemahkan setiap informasi yang ia dapat yang kemudian akan
membentuk suatu opini yang kuat terhadap suatu produk sehingga mempengaruhi
keputusan yang akan diambil dalam pembelian suatu produk.
c.
Pembelajaran
pembelajaran
adalah proses mempelajari, memperhatikan, menyimpulkan suatu hal yang terus
berkembang dan berubah seiring informasi terbaru yang ia terima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar