Selasa, 04 Desember 2012

PENGARUH INDIVIDU



 Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan, demikian pendapat Dr. A. Lysen.

Individu menurut konsep Sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.


Faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam pembelian: 

1. Faktor Sosial
a. Kelompok
Sikap dan perilaku individu sangat dipengaruhi oleh kelompok-kelompok kecil. Dimana kelompok tersebut secara langsung (primary groups) maupun tidak langsung (secondary groups) yang mempunyai interaksi satu dengan yang lain sehingga kelompok memiliki peran dalam mempengaruhi individu dalam pembelian.


b. Keluarga
Keluarga mempunyai  peran terbesar dalam mempengaruhi individu dalam pembelian suatu  produk karena keluarga pula mempunyai peran paling besar dalam interaksi seorang individu.
c. Peran dan status
Peran merupakan suatu aktivitas yang diinginkan seseorang sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Setiap peran membawa sebuah status yang mencerminkan penghargaan umum yang diberikan oleh masyarakat. 

2. Faktor Personal
a. Keadaan ekonomi
Keadaan ekonomi akan mempengaruhi pilihan produk seorang individu, dimana dalam situasi tersebut seseorang akan melakukan keputusan terhadap produk mana yang akan ia beli yang terjangkau dengan keadaan ekonominya pada saat ini.
b. Gaya hidup
Gaya hidup seseorang akan membentuk sebuah pola kehidupan dimana aktivitas seseorang dapat ditunjukkan dengan mengekspresikan ataupun menunjukkan ketertarikan dan opini terhadap suatu produk.
c. Umur
Seseorang akan merubah pilihan produknya seiring dengan siklus kehidupannya. Umur memiliki peranan penting dalam mengambil suatu keputusan untuk tetap bertahan pada suatu produk atau menggantinya dengan yang lebih terasa manfaatnya.
d. Pekerjaan
Pekerjaan seseorang mempengaruhi pembelian, perbedaan dalam pekerjaan akan berbeda pula pembeliannya, Hal tersebut bergantung dengan tingkat pendapatannya.

3. Faktor Psikologis
a. motivasi
Kebutuhan yang mendorong seseorang untuk mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Ketika satu level kebutuhan terpenuhi maka seseorang akan mencari sesuatu yang ada memuaskan kebutuhannya pada level selanjutnya (teori marslow).
b. Persepsi
Persepsi seorang konsumen akan mempengaruhi ia dalam pembelian suatu produk. Seorang konsumen akan menerjemahkan setiap informasi yang ia dapat yang kemudian akan membentuk suatu opini yang kuat terhadap suatu produk sehingga mempengaruhi keputusan yang akan diambil dalam pembelian suatu produk.
c. Pembelajaran
pembelajaran adalah proses mempelajari, memperhatikan, menyimpulkan suatu hal yang terus berkembang dan berubah seiring informasi terbaru yang ia terima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar