Persepsi merupakan suatu proses yang
timbul akibat adanya sensansi adalah aktivitas merasakan atau penyebab keadaan
emosi yang menggembirakan. Sensasi dapat didefinisikan juga sebagai tanggapan
yang cepat dari indra penerima kita, terhadap stimuli seperti cahaya, warna dan
suara. Sehingga pengertian Persepsi konsumen adalah proses dimana seseorang mengorganisir
dan menilai kesan dari panca indera dalam tujuan untuk memberi arti dalam
lingkungan mereka (Robbins, 1998) . persepsi konsumen ini sangat penting
dipelajari karena perilaku konsumen karena perilaku konsumen didasarkan oleh
persepsi mereka tentang apa itu kenyataan dan bukan kenyataan itu sendiri. Menurut
shiffman dan kanuk (1997) persepsi akan sesuatu berasal dari interaksi
antara dua jenis faktor :
1.
Faktor stimulus, yaitu karakteristik
secara fisik seperti ukuran, berat, warna atau bentuk. Tampilan suatu produk
baik kemasan maupun karakteristik akan mampu menciptakan suatu rangsangan pada
indra manusian, sehingga mampu menciptakan sesuatu persepsi mengenai produk
yang dilihatnya.
2.
Faktor individu, yang termasuk
proses didalamnya bukan hanya pada panca indra akan tetapi juga pada proses
pengalaman yang serupa dan dorongan utama serta harapan dari individu itu
sendiri.
Karakteristik seseorang mempengaruhi
persepsi
Menurut Robbins (1998)
persepsi dapat dipengaruhi oleh karakter seseorang. Karakter tersebut
dipengaruhi oleh :
1.
Attitudes
Dua individu yang sama, tetapi
mengartikan sesuatu yang dilihat itu berbeda satu dengan yang lain.
2.Motives
Kebutuhan yang tidak terpuaskan yang
mendorong individu dan mungkin memiliki pengaruh yang kuat terhadap persepsi
mereka.
3.Interests
Fokus dari perhatian kita sepertinya
dipengaruhi oleh minat kita, karena minat seseorang berbeda satu dengan yang
lain. Apa yang diperhatikan oleh seseorang dalam suatu situasi bisa berbeda
satu dengan yang lain. Apa yang diperhatikan seseorang dalam suatu situasi bisa
berbeda dari apa yang dirasakan oleh orang lain.
4.Experiences
Fokus dari karakter individu yang
berhubungan dengan pengalaman masa lalu seperti minat atau interest individu.
Seseorang individu merasakan pengalaman masa lalu pada sesuatu yang individu
tersebut hubungkan dengan hal yang terjadi sekarang.
5.Expectations
Ekspektasi bisa mengubah persepsi
individu dimana individu tersebut bisa melihat apa yang mereka harapkan dari
apa yang terjadi sekarang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
Persepsi
Menurut Nugroho J. Setiadi (2003),
Faktor yang mempengaruhi persepsi adalah penglihatan dan sasaran yang diterima
dan dimana situasi persepsi terjadi penglihatan.
Tanggapan yang timbul atas
rangsangan akan dipengaruhi sifat-sifat individu yang melihatnya,, sifat yang
dapat mempengaruhi persepsi yaitu :
1. Sikap
Sikap yang dapat mempengaruhi
positif atau negatifnya tanggapan yang akan diberikan seseorang.
2. Motivasi
Motif merupakan hal yang mendorong
seseorang mendasari sikap tindakan yang dilakukannya.
3. Minat
Merupakan faktor lain yang
membedakan penilaian seseorang terhadap suatu hal atau objek tertentu, yang
mendasari kesukaan ataupun ketidaksukaan terhadap objek tersebut.
4. Pengalaman masa lalu
Dapat mempengaruhi persepsi
seseorang karena kita biasanya akan menarik kesimpulan yang sama dengan apa
yang pernah dilihat dan didengar.
5. Harapan
Mempengaruhi persepsi seseorang
dalam membuat keputusan, kita akan cenderung menolak gagasan, ajakan, atau tawaran
yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.
6. Sasaran
Sasaran dapat mempengaruhi
penglihatan yang akhirnhya akan mempengaruhi persepsi.
7. Situasi
Situasi atau keadaan disekita kita
atau disekitar sasaran yang kita lihat akan turut mempengaruhi persepsi.
Sasaran atau benda yang sama yang kita lihat dalam situasi yang berbeda akan
menghasilkan persepsi yang berbeda pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar