Sabtu, 29 Juni 2013

PENAKSIRAN DAN PERAMALAN BIAYA

Penaksiran dan peramalan biaya untuk pengambilan keputusan merupakan usaha pengambil keputusan untuk menilai optimalitas tingkat output sekarang dan memecahkan masalah pengambilan keputusan dengan menggunakan analisis kontribusi.Informasi fungsi biaya jangka panjang diperlukan apabila kita akan melakukanekspansi atau kontraksi ukuran pabrik untuk meyakinkan bahwa ukuran pabrik yang adasudah optimal untuk tingkat output yang diproduksi. Biaya jangka panjang tersebut tidak  boleh diinterpretasikan sebagai perkiraan biaya dari berbagai ukuran pabrik untuk masayang akan datang, karena harga factor produksi relative berubah, sehingga menyebabkanfungsi biaya jangka panjang tersebut menjadi tidak akurat. Untuk menaksir biaya masadatang tersebut diperlukan juga meramalkan perubahan teknologi dan perubahan rasio harga faktor.


1. Penaksiran Biaya Jangka Pendek
Pemahaman terhadap fungsi biaya jangka pendek akan membantu para pembuat keputusan untuk menilai optimalisasi tingkat output sekarang dan memecahkan masalah pengambilan keputusan dengan menggunakan analisa kontribusi. Dalam pembuatan keputusan jangka pendek, konsep biaya inkramental memiliki peranan yang sangat penting yang mencakup biaya variabel dan perubahan biaya tetap. 
2. Penaksiran Biaya jangka Panjang
Informasi fungsi biaya jangka panjangdiperlukan bila kita akan melakukan ekspansi atau kontraksi ukuran pabrik dan untuk meyakinkan bahwa ukuran pabrik yang ada sudah optimal untuk tingkat output yang diproduksi. Pada metode ini digunakan analisis regresi dengan data seksi silang (cross section). Karena penaksiran biaya jangka panjang merupakan usaha untuk menemukan ukuran pabrik yang berbeda-beda pada titik waktu tertentu (dengan asumsi teknologi dan harga faktor produksi tetap), maka kita tidak dapat menggunakan observasi data runtut waktu untuk mendapatkan taksiran fungsi biaya jangka panjang.Penaksiran biaya jangka panjang merupakan usaha untuk menemukan ukuran pabrik yang berbeda-beda pada titik waktu tertentu maka kita tidak dapat menggunakan observasi data runtut waktu untuk mendapatkan taksiran fungsi biaya jangka panjang. Namun kita dapat menggunakan analisis regresi untuk menganalisis observasi dari berbagai pabrik pada suatu periode waktu tertentu. Pengukuran output aktual harus diperhatikan karena harus sesuai dengan tingkat biaya aktual untuk menghasilkan tingkat output tersebut.
3. Peramalan Biaya
 Peramalan biaya diperlukan bila keputusan-keputusan yang akan diambil mencakup biaya untuk periode yang akan datang, misalnya dalam keputusan mengikat kontrak, keputusan untuk membeli atau membuat sendiri dan keputusan lain yang mempunyai dampak biaya bukan hanya periode sekarang. 
4. Penaksiran Kurva Learnig
Bila ditaksir dari proses produksi tertentu akan memungkinkan kita untuk memprediksi biaya per unit pada masa mendatang, berdasarkan garis yang paling cocok (the line of best fit) dengan data biaya rata-rata yang diteliti jika volume kumulatif naik. Proses produksi cenderung menjadi lebih efisien dalam memproduksi suatu item tertentu karena adanya pengalaman (proses belajar) dalam proses produksi tersebut. Biaya per unit cenderung untuk turun jika fungsi output total mengalami penurunan dan sebuah perusahaan dapat menggunakn data biaya per unit masa lalu yang dikumpulkan untuk memprediksi atau memproyeksi biaya per unit masa akan datang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar